Psikologi Kelompok & Psikologi Sosial

Beberapa ahli berpandangan bahwa kelompok merupakan sesuatu yang riil yang dapat diperlakukan sebagai objek di dalam lingkungan kita (Durkheim, 1898; Warriner, 1996). Sejalan dengan pandangan ini adalah pandangan yang mendukung bahwa perilaku sosial lebih dapat dijelaskan dengan menekankan keunikan proses-proses kelompok dari pada dijelaskan dalam tingkat individu.

Dengan demikian sebuah kelompok itu lebih dari sekedar kedatangan secara kebetulan orang-orang yang bersama-sama berbagi ide. Sebagai contoh, sebuah kerusuhan yang terjadi setelah selesainya pertandingan sepak bola. Interaksi sosial seperti ini hanya dapat dipahami dengan menganalisa perilaku dalam tingkat kelompok, sebagai balikan dari tingkat individual. Untuk memahami perilaku sosial perlu mempertimbangkan kelompok sebagai suatu identitas yang nyata karena keanggotaan dalam kelompok merupakan bagian integral dari konsep diri (Tajfel, 1982).

Kelompok Sosial

Kelompok social adalah kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang mengadakan interaksi sosial serta ada pembagian tugas, struktur dan norma yang ada.

Jenis Kelompok Sosial :

  • Kelompok Primer : Merupakan kelompok yang didalam kelompoknya terjadi interaksi social yang anggotanya saling mengenal dekat dan berhubungan dekat dalam kehidupannya.
  • Kelompok Sekunder : Dalam kelompok ini hubungan yang terjadi biasanya bersifat lebih obyektif. Interaksi social terjadi secara tidak langsung, berjauhan, dan sifatnya kurang kekeluargaan.
  • Kelompok Formal : Kelompok dengan adanya peraturan atau Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Biasanya anggotanya diangkat oleh organisasi.
  • Kelompok Informal ; Merupakan kelompok yang bterbentuk dari proses interaksi, daya tarik dan kebutuhan-kebutuhan. Keanggotaan kelompok biasanya tidak teratur pembagian tugas jelas tapi bersifat informal berdasarkan kekeluargaan dan simpati.

Sumber :

  1. Klara Innata Arishanti, 2006 (potokopi psikologi social).
  2. http://dinamika-ok.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: